SEHATKAH DIET RENDAH KARBOHIDRAT?


Bentuk tubuh bagi sebagian orang sangatlah penting dan untuk mencapai bentuk ideal beberapa orang melakukan diet atau olahraga untuk menghilangkan lemak. Pada umumnya diet yang paling sering digunakan adalah diet rendah lemak dan diet rendah karbohidrat. Ada bermacam-macam tipe diet seperti food combine, diet ketofastosis atau ketogenik dan diet lainnya. Teman sehat pasti tau dong apa itu diet keto? Diet keto adalah diet rendah karbohidrat tinggi lemak. Tapi bukan Cuma diet keto aja yang termasuk diet rendah karbohidrat, ada juga beberapa diet lainnya. Sebelum menghindari karbohidrat sebaiknya kita tau dulu kenapa karbohidrat dikatakan sebagai sumber energi utama.

Apa Itu Karbohidrat?

Karbohidrat merupakan hasil dari proses fotosintesis. Seperti  beras, kentang, ubi, singkong dan lain-lain. Terdapat 2 golongan karbohidrat yang terdiri atas karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Glukosa adalah bentuk karbohidrat sederhana yang beredar di dalam tubuh dan di dalam sel merupakan sumber energi. Glukosa merupakan bentuk paling sederhana dari karbohidrat.

Metabolisme Karbohidrat

Peran utama karbohidrat dalam tubuh adalah menyediakan glukosa bagi sel-sel tubuh yang kemudian diubah menjadi energi. Glukosa memegang peranan sentral dalam memetabolisme karbohidrat. Jaringan tertentu hanya memperoleh energi dari karbohidrat seperti sel darah merah, sebagian besar otak dan sistem saraf.

Apakah Karbohidrat dapat Digantikan oleh Lemak dan Protein?

Protein dapat diubah menjadi glukosa melalui proses glukoneogenesis dalam batas tertentu, tapi protein punya fungsi lain yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, seperti untuk pertumbuhan. Sedangkan lemak tubuh tidak bisa diubah menjadi glukosa dalam jumlah berarti. Glukosa sebagai sumber energi untuk sel-sel otak, sel saraf lain dan sel darah merah tidak bisa digantikan oleh lemak.
Kelebihan glukosa akan disimpan di dalam hati dalam bentuk glikogen. Bila persediaan glukosa darah menurun hati akan mengubah sebagian glikogen menjadi glukosa dan mengeluarkannya dalam aliran darah. Glukosa inilah yang akan dibawa ke organ-organ yang memerlukan , seperti otot, sistem saraf, jantung dan organ lain. Sedangkan otot selain menggunakan glukosa juga menggunakan lemak sebagai sumber energi. Sel-sel otot juga menyimpan glukosa dalam bentuk glikogen. Glikogen ini hanya digunakan sebagai energi untuk keperluan otot saja dan tidak dapat dikembalikan sebagai glukosa kedalam aliran darah. Jadi energi untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh seperti otak dan jaringan saraf tertentu hanya dapat dihasilkan oleh karbohidrat, sedangkan sumber energi dari lemak dan protein hanya dapat digunakan oleh otot saja.



Jawaban dari pertanyaan sehatkah diet rendah karbohidrat adalah jika diet rendah karbohidrat diterapkan dalam jangka pendek dengan tujuan menurunkan berat badan lalu setelahnya melakukan diet gizi seimbang, maka tidak masalah melakukannya. Diet rendah karbohidrat akan menimbulkan masalah kesehatan bila diterapkan dalam waktu yang lama, hal ini disebabkan karena akan mengganggu sistem metabolisme tubuh dan jika berlangsung dalam hitungan tahun makaakan menyebabkan Kurang Energi Kronis.



Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah diet rendah karbohidrat sehat atau tidak?

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH KONSEP DASAR KEPERAWATAN GERONTIK

INTERAKSI OBAT DAN FARMAKOKINETIK

MOBILISASI DAN IMOBILISASI